Halaman

Selamat datang pada website PBI St. Antonius Mela - Sibolga | www.pbi.sibolga.org | e-mail: pbi@sibolga.org

Jumat, 05 September 2014

Tentang PUSAT BINA IMAN ST. ANTONIUS Mela - Sibolga



PUSAT BINA IMAN (PBI) ST. ANTONIUS MELA-SIBOLGA
Jln. Sibolga-Barus, Km. 3,3 Komp. LPTK, Mela-Sibolga 22561
No. HP: 0852 0777 2700 dan email: pbi@sibolga.org



A. SELAMAT DATANG DI PBI ST. ANTONIUS MELA

PBI hadir di Kota Sibolga sejak kedatangan para missionaris katolik Kapusin di Indonesia, terutama di wilayah Keuskupan Sibolga. Sejak awal, para missionaris telah memikirkan lokasi untuk kegiatan pendidikan dan pembinaan iman umat dan pelbagai pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan perkembangan hidup menggereja dan sosial kemasyarakatan lainnya.

PBI berada di perbukitan tepi pantai Teluk Tapian Nauli Mela - Sibolga. Di tempat ini pula, Anda akan dapat bertemu dengan diri Anda, sesama, YANG ILAHI, Sang Pencipta kita.

Segera setelah Anda memasuki kompleks ini, maka Anda akan menemui: 1) Biara Kapusin; 2) Pusat Bina Iman (PBI) untuk keperluan retret, pembinaan, kursus, atau pertemuan;  3) Postulat Kapusin; 4). Lembaga Pertukangan Tekhnik Katolik (LPTK). Keistimewaan kompleks ini ialah: terletak di lereng bukit. Orang tidak akan menyangka bahwa kompleks sebesar itu bisa dibangun di lereng bukit. Ternyata dengan mengikuti bentuk tanah bukit, dan dengan membentuk jalan yang secara berangsur mendaki dari jalan raya menuju ke atas, sejumlah rumah dan gedung dapat didirikan di pebukitan itu. Dari kompleks itu kita bisa memandang ke arah laut. 

PBI St. Antonius ini merupakan milik Ordo Kapusin Sibolga. PBI St. Antonius merupakan sebuah tempat pembinaan spiritual satu satunya yang ada di kota Sibolga. Seorang tamu dari Denmark (seorang aktivis lingkungan hidup) pernah mengungkapkan kekagumannya dengan menyebut tempat ini sebagai surganya Tapanuli. Disamping alamnya yang indah dan hijau, juga tempat ini sangat hening karena jauh dari keramaian kota. Kita bisa melihat dan mendengar suara burung berkicau di sore dan pagi hari, juga kita bisa melihat binatang hutan seperti monyet dan siamang yang masih terpelihara dan dilindungi dengan baik. Kira kira 500m dari PBI Mela terdapat sebuah pantai yang indah dan asri yakni pantai kute Mela. Biasanya setiap peserta retret tidak akan melewatkan kesempatan emas untuk menikmati indahnya pantai ini. Pada penutupan retret atau rekoleksi peserta diajak untuk mandi bareng atau ber-"OUT BOUND" di pantai yang indah ini.

Karena itulah kami mengundang Anda bapak/ibu, saudara/i dan siswa-siswi sekolah dan teman-teman sekalian untuk datang dan mengalami sendiri tempat yang indah dan tenang di atas bukit Tapian Nauli Mela, Sibolga ini.



B. JENIS-JENIS KEGIATAN

Tempat ini melayani kegiatan kegiatan yang sifatnya Rohani dan rekreatif: pengembangan dan pembinaan hidup spiritual seperti retret bagi anak anak sekolah dan kelompok kategorial dan juga untuk pasutri, rekoleksi (privatim maupun kelompok), seminar, out Bound dan juga yang tak kalah menarik yakni ada satu unit khusus disediakan bagi siapa saja yang membutuhkan penginapan. Dan tentunya dengan biaya yang terjangkau.


C. TIM PENDAMPING DAN PEMBIMBING

PBI St. Antonius Mela merupakan salah satu karya ordo saudara kapusin Kustodi Sibolga. Pengelolaan rumah pembinaan ini dipercayakan oleh Ordo kepada persaudaraan lokal yakni biara kapusin St. Felix Mela.

Demi kelancaran tugas dan pelayanan kebutuhan rohani bapa,ibu dan anak anak sekolah yang beretret atau berekoleksi di tempat ini, pihak PBI telah menyiapkan tenaga-tenaga yang siap membantu Anda untuk kegiatan yang Anda inginkan. Tentu Anda harus terlebih dahulu memohonkannya kepada pihak PBI.

Jika Anda, baik pribadi maupun kelompok, ingin mendatangkan pembimbing atau pendamping khusus, maka kemungkinan untuk itu sangat terbuka. Hanya saja Anda harus menginformasikan kepada pihak PBI, agar bisa saling berkoordinasi.



D. TARIF - BIAYA


Secara umum, PBI St. Antonius Mela menawarkan beberapa jenis tarif untuk dua kelompok umur:

Siswa Sekolah
  1. Biasa  Rp. 95.000.- / orang / hari
  2. Biasa Plus, Rp. 115.000.,/orang/hari
Dewasa 
  1. Biasa, Rp. 120.000.,/orang/hari
  2. Sedang, Rp. 135.000.,/orang/hari
  3. Tinggi, Rp. 155.000.,/orang/hari
  4. VIP-AC, Rp. 300.000.,/orang/hari 
Tarif Pemakaian Aula (hanya bagi pengguna yang memakai jasa aula tanpa menginap dan memakai akomodasi lainnya)

    1. Pemakaian Maksimum 1/2 hari, Rp. 500.000.,
    2. Pemakaian sampai 1 hari, Rp. 900.000
Catatan:
  1. Tarif yang telah ditentukan tersebut telah disesuaikan dengan daftar menu yang dapat Anda peroleh informasinya langsung ke Staf PBI Mela (datang langsung atau melalui telpon)
  2. Jika Anda meminta menu serta fasilitas yang lebih dari yang telah kami tentukan, maka biayanya akan disesuaikan kembali,


Demikian saja informasi singkat dari kami. Apabila bapa, ibu dan saudara/i membutuhkan informasi yang selengkapnya tentang Pusat Bina Iman (PBI) St. Antonius Mela ini, silahkan hubungi kami: P. Bonifasius Langgur OFMCap., Hp. 081318736943)

Akhirnya, kami mengucapkan banyak terimakasih atas segala perhatian dan kerjasama kita.
Salam dan doaku


P. Sergius Lay, OFMCap.
Direktur PBI Mela


Tidak ada komentar:

Posting Komentar